Penelitian
Mahasiswa
USUL PENELITIAN
MAHASISWA
EXISTENSI
BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH
OLEH
HENI
OCFRIANA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS
PRIMA INDONESIA
2013
BAB
1 PENDAHULUAN
Bahasa
Indonesia memiliki kedudukan sangat penting, yaitu sebagai bahasa nasional dan
bahasa Negara di Indonesia, namun pada era Globalisasi seperti sekarang ini,
menuntut kita untuk mampu menggunakan bahasa Asing khususnya Bahasa Inggris
untuk bisa tetap mengikuti perkembangan zaman. Akibatnya banyak masyarakat yang
dalam kehidupan sehari-harinya menggunakan bahasa Inggris. Tak ubahnya dengan
beberapa sekolah di Indonesia yang menggunkan bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar dalam kegiatan belajar mengajar.
Di
Indonesia kontak bahasa mengakibatkan penggunaan bahasa Indonesia yang
dipengaruhi oleh elemen bahasa asing. Sebagai contoh YAYASAN GLOBAL PRIMA
INDONESIA, sekolah yang dikenal sebagai sekolah bertaraf International dan
bahasa yang digunakan sebagai pengantar pendidikan juga bahasa international.
Disini saya melihat kewibawaan Bahasa Indonesia memang sudah tidak ada lagi.
Terbukti dari beberapa sekolah ternama di Indonesia yang enggan menggunakan
bahasa Indonesia di lingkungan sekolah.
Penelitian
ini difokuskan pada akibat yang mungkin terjadi pada peserta didik di Indonesia
tidak lagi mengenal bahasa Indonesia dengan baik. Terbukti dari beberapa
sekolah yang mengungkapkan bahwa kendala ketidaklulusan siswa-siswi dalam Ujian
Nasioanal adalah pada pelajaran Bahasa Indonesia. Dimana sekolah-sekolah
tertentu tidak lagi memperkenalkan bahasa Indonesia secara utuh di lingkungan
sekolah, sehingga kesan bahasa Indonesia adalah bahasa yang kampungan yang
banyak siswa-siswi yang tidak berminat mempelajari Bahasa Indonesia karna
sebenarnya tingkat kesulitan pelajaran bahasa Indonesia Khusus dan Spesifik. Penelitian
ini tidak berarti mengesampingkan bahasa asing khususnya bahasa inggris, tidak
bisa dipungkiri bahwa bahasa inggris adalah bahasa yang memang memenuhi
kriteria zaman sekarang ini. Disini penulis ingin melakukan penelitian terhadap
kemampuan berbahasa indoensia secara lisan dan tulisan dengan tujuan menilai
sejauh mana penguasaan bahasa Indonesia siswa-siswi disekolah bertaraf
International.
Untuk
kasus diatas kami akan mencoba melakukan penelitian di SMP YAYASAN GLOBAL PRIMA Medan dengan sistem
memberikan Ujian bersama Pendidikan Bahasa Indonesia secara tertulis dan
selanjutnya akan menguji kemampuan siswa-siswi untuk berpidato secara spontanitas
di lapangan sekolah. Penulis berharap dengan sistem pengujian ini kita dapat
mengetahun sejauh mana kemampuan siswa-siswi berbahasa Indonesia dengan baik,
dan diharapkan dengan hasil yang kita terima setelah penelitian ini kita bisa
meningkatkan sistem pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.
BAB
2 PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latang belakang permasalahan diatas maka penulis telah merumuskan permasalahan
yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Seberapa
Penting pendidikan Bahasa Indonesia serta penerapannya disekolah.
2. Sejauh
mana kematangan berbahasa Indonesia siswa-siswi SMP dan setaranya.
BAB
3 TINJAUAN PUSTAKA
a. Bahasa
Indonesia
Bahasa
Indonesia adalah adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa
Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari
sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi.
b. Bahasa asing
Bahasa
asing merupakan bahasa yang
tidak digunakan oleh orang yang tinggal di sebuah tempat yang tertentu: misalnya, bahasa Indonesia dianggap
sebagai sebuah bahasa yang asing di Australia.
Bahasa
asing juga merupakan sebuah bahasa yang tidak digunakan di tanah air /
negara asal seseorang, misalnya; seorang penutur bahasa Indonesia yang tinggal
di Australia boleh mengatakan bahwa bahasa Inggris adalah
bahasa yang asing untuk dirinya sendiri. Walau bagaimanapun juga, kedua
definisi tersebut masihlah kurang meliputi arti 'bahasa asing' secara
keseluruhan. Lagipula, istilah 'bahasa asing' kadang-kadang diterapkan dengan
cara yang dapat menyesatkan orang lain atau yang kurang tepat
c.
Bahasa
Inggris
Bahasa
Inggris adalah bahasa yang
dipakai di dunia Internatinal sebuah bahasa yang berasal dari Inggris, merupakan bahasa utama di Britania
Raya (termasuk Inggris), Amerika
Serikat, serta banyak negara lainnya, dan
termasuk rumpun bahasa Jermanik Barat.
d. Sistem
Sistem berasal dari bahasa
Latin (systēma) dan bahasa
Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemenyang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.
e. Pengujian
Sasaran Pengujian (Myers, 1979)
Pengujian adalah proses eksekusi suatu software untuk
menemukan kesalahan. Pengujuan secara tertulis dan lisan.
- PengujianTertulis dengan memberikan soal-soal seputar
Pendidikan bahasa
- Pengujian Lisan dengan menguji siswa-siswi berpidato
dilapangan sekolah.
BAB 4 TUJUAN PENELITIAN
1. Agar setiap siswa mengetahui peranan penting bahasa Indonesia
dan peranannya di sekolah khususnya
2. Untuk
mengetahui kematangan siswa-siswi SMP dan setaranya dalam berbahasa Indonesia,
hal ini menjadi acuan bagi setiap guru untuk lebih meningkatkan lagi system
pengajaran bahasa Indonesia serta pemberian informasi mengenai pentingnya baik
dalam berbahasa Indonesia.
BAB
5 METODOLONGI PENELITIAN
1. Tempat
penelitian dilaksanakan pada SMP YAYASAN GLOBAL PRIMA
2. Waktu
pelaksanaan penelitian selama 1 bulan mulai tanggal 14 Mei 2013 s. d 14 Juni
2013.
3. Populasi
dan Sample
Populasi
dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi SMP YAYASAN GLOBAL PRIMA MEDAN.
Sample
dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 SMP sebanyak 60 peserta.
4. Teknik
Pengumpulan data
4.1.Angket
Merupakan
salah satu teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau lebih dikenal
sebagai angket , biasanya dengan cara mengirimkan atau menyerahkan daftar
pertanyaan untuk disi sendiri oleh responden. Pertanyaan yang lansung kami
berikan kepada siswa-siswi SMP YAYASAN GLOBAL PRIMA sebanyak 60 peserta.
Secara
umum isi kuesioner adalah :
4.1.1. Pertanyaan tentang fakta
Biasanya
pertanyaan seputar fakta dan opini dalam sebuah teks atau bacaan
4.1.2. Pertanyaan
tentang pendapat
Biasanya
pertanyaan seputar fakta dan opini dalam sebuah teks atau bacaan
4.1.3. Pertanyaan
tentang persepsi diri
Seputar
pendapat pribadi tentang suatu permasalahan.
4.2.Tes
Lisan
Pengujian
ini di lakukan untuk mengetahui kemampuan setiap siswa kelas 3 SMP YAYASAN
GLOBAL PRIMA MEDAN dalam hal berbicara didepan umum menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar. Bentuk tes keberanian berbicara.
BAB
6. JADWAL PENELITIAN
Penelitian
ini berlangsung selama 1 (satu) bulan
sejak tanggal 14 Mei 2013 s.d 14 Juni 2013 dengan keterangan dibawah ini :
BAB
7 PERSONALIA PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan oleh:
1.
Ketua
Penelitian
Nama Lengkap : Heni Ocfriana
Jenis Kelamin : Perempuan
Jurusan : Pendidikan dan Sastra
Inggris
Program Studi : S-1
Waktu Penelitian : 4 Minggu
BAB 8 PERKIRAAN
BIAYA PENELITIAN
NO
|
Rincian Biaya
|
Jumlah
|
|
1
|
Bahan-bahan untuk
penelitian (angket)
|
|
|
|
a.
|
Pembuatan soal-soal
untuk penelitian
|
Rp.
15.000,-
|
|
b.
|
Penggandaan Soal-soal
60 rangkap @ Rp. 3.000,-
|
Rp.
180.000,-
|
2
|
Biaya Konsumsi
Pengawas dan Guru-guru selama Proses penelitian
|
|
|
|
a.
|
Nasi Kotak 50 kotak @
Rp. 20.000,-
|
Rp.
1.000.000,-
|
|
b.
|
Aqua botol sedang 5
dus @ Rp. 60.000,-
|
Rp.
300.000,-
|
3
|
Biaya Penyusunan
laporan
|
|
|
|
a.
|
Kertas
|
Rp.
10.000,-
|
|
b.
|
Biaya Jilid laporan
|
Rp.
7.000,-
|
|
c.
|
Penggandaan Laporan
rangkap 3 @ Rp. 5.000,-
|
Rp.
15.000,-
|
TOTAL
|
Rp. 1.527.000,-
|
DAFTAR
PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Ensiklopedia,
pengertian bahasa, 11 Mei 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar